Kamis, 10 April 2014

Membuat Akun Dan Blog

assalamuaalikum warrahmatullohi wabaraqatuh


kembali lagi kita ngobrol di dunia maya ini, untuk mempersingkat waktu kita masuk saja langsung pada topik yang akan kita bahas, yaitu Membuat Akun dan Blog.

untuk mengawali aktivitas bloging melalui platform Blogger, tentunya terlebih dulu kita harus memiliki sebuah akun Google. Cara mebuat akun Google tidak terlalu sulit. Ikuti langkah langkah berikut :
2. jika sebelumnya anda sudah memiliki akun Google, misalkan emai Gmail, Anda sebernarnya dapat langsung melakukan login dengan memasukkan alamat email dan sandi pada kolom yang tersedia, dan Anda akan diantarkan pada halaman dasbor Blogger. jika belum, silahkan membuat sebuah akun Google terlebih dahulu, dengan mengklik tombol masuk atau daftar. karna tampilan halaman awal google sering berganti karena update. maka cara daftar ini mungkin agk berbeda. tapi saya yakin benang merahnya pasti sama.

jika anda sudah memiliki akun maka anda hanya perlu mengisi akun Google anda pada kolom yang tersedia, untuk yang belum punya silahkan anda klik buat akun  atau kesini .
maka setelah itu anda akan diarahkan pada halaman pengisian formulir seperti gambar di bawah ini :

setelah anda masuk pada halaman pengisian . isilah setiap kolom tersebut dengan benar dan teliti. karna yang kebanyakan orang pemula itu biasanya menganggap sulit hal yang sebenarnya belum mereka pahami. makanya untuk anda yang masih pemula. saya sarankan untuk teliti dalam setiap pengisian formulir tersebut. supaya anda tidak mengulang ulang lagi pengisiannya. karna kalau ada yang tidak relevan dengan data yang anda isikan anda akan dipaksa mengulanginya lagi. :D

jika telah mengisi formulirnya silahkan klik tombol langkah selajutnya  
setelah itu anda akan diantarkan pada langkah selanjutnya, jika google meminta verifikasi. isilah no telepon yang anda masukan sebelumnya pada kolom formulir. lalu pilih text Sms . dan tunggulah verifikasi Code yang diberikan oleh pihak google lewat Sms yang akan anda dapatkan.

selanjutnya anda klik next.
maka anda akan diarahkan ke halam Bloger. yang juga sering disebut sebagai dasbor. dasbor adalah halaman yang sangat penting. dari siniliah blog baru anda akan tercipta. selanjutnya Anda juga akan selalu mengunjungi halaman ini, baik untuk kepentingan merancang template blog Anda, memoderasi komentar dan juga menyesuaikan setting lainnya.

untuk mulai membuat blog baru, ikuti langkah langkah berikut :
1. klik Blog Baru yang terdapat di sebelah kiri layar
2. sebuah jendela kecil akan terbuka. ketikan nama blog yang anda inginkan, kemudian alamat, dan juga template dasar yang anda inginkan.
penting untuk anda ketahui, dalam memberikan nama dari blog, web forum, atau organisasi tertentu yang sudah ada sebelumnya. hal ini perlu diperhitungkan agar kelak blog Anda lebih berpotensi berada di urutan pertama mesin pencari. maka sederhananya kita harus mencari nama yang unik tapi belum pernah digunakan orang lain tapi sering dicari oranglain. agak sulit ya?? gak usah bingung, kita next aja dulu.
oke next
3. untuk melihat tampilan dari blog yang baru saja anda buat, klik lihat blog.

sampai sini sebenarnya anda sudah selesai membuat akun dan blog.

tapi jika anda ingin mengoptimalkan blog anda, supaya dapat menjadi manfaat !! silahkan tunggu postingan saya selanjutnya ya !! insyaAlloh tidak akan lama.hanya beberapa jam saja menunggu pos saya selanjutnya :D tetap semangat dan budayakan membaca dan belajar ya !!

untuk melihat pos sebelumnya klik disini
untuk melihat pos selanjutnya klik disini

2 komentar: